Skip to content

Laut baik untuk kulit anda

December 18, 2009

Page 1 of 2

ImageLaut dan isinya dipercaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan, melembutkan kulit, dan awet muda. Begitu mendengar kata laut, tentu kita membayangkan air laut yang dingin dan segar, pasir putih, sinar matahari, dan berbagai jenis hewan laut.
Karena itu, tak mengherankan jika banyak orang suka berlibur di pantai, yang dipercaya bisa membuat tubuh segar dan stres pun sirna. Namun, lebih dari itu, laut menyimpan kekayaan yang sangat bermanfaat bagi kecantikan. Menurut legenda Yunani, simbol sensual wanita, dewi cinta dan kecantikan, Aphrodite, lahir dari sebuah kerang laut raksasa.

Maka orang pun percaya bahwa air laut bisa membuat seseorang lebih cantik dan awet muda. Hal ini bisa diterima oleh akal, karena air laut mengandung medan elektromagnet tinggi yang menghasilkan ion negatif, dan berguna untuk mempertinggi perasaan sejahtera dan sehat pada seseorang. Maka, isi laut pun banyak dimanfaatkan orang untuk kecantikan mulai dari lumpur, garam, sampai ganggang lautnya.

Lumpur Laut

Kandungan mineral pada lumpur laut dapat membersihkan kulit dengan seksama (deep-cleansing), mengangkat sel-sel kulit mati, dan melawan infeksi tanpa menyebabkan iritasi pada kulit. Pemakaian lumpur laut ‘dalam bentuk masker‘ secara teratur bisa membuat kulit halus dan bercahaya.

  • Perawatan tubuh dengan lumpur ini didasarkan pada cara mandi kuno. Mula-mula tubuh dihaluskan dengan menggunakan lumpur, lalu diuapi menggunakan uap panas. Masker lumpur ini membanatu memberi nutrisi dan mineraal, serta melembapkan kulit, juga meluruhkan racun, kotoran dan sel-sel kulit mati.

Penggunaan lumpur laut bisa dikombinasikan dengan minyak esensial, yang berguna untuk menghilangkan stres dan memperbaiki kondisi kulit.

  • Rambut pun bisa dirawat dengan mengoleskan lumpur laut sebagai masker. Ramuan ini bermanfaat untuk membuat rambut bercahaya serta memperbaiki kondisi rambut dari kerusakan akibat penggunaan produk styling yang berlebihan.

Tumbuhan Laut

Tumbuh-tumbuhan laut, seperti rumput laut (seaweed) dan alga diketahui mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meingkatkan metabolisme dan merelaksasi tubuh.

  • ImageRumput laut dipercaya memiliki keterikatan dengan tubuh manusia karena memiliki komposisi mineral, vitamin, dan air yang serupa. Karena itu, kandungan mineral dari rumput laut dapat diserap dengan sangat mudah oleh kulit.

Untuk membersihkan tubuh dari racun dan kotoran yag membuat kita merasa lemas dan lelah, mandilah dengan produk yang mengandung seaweed (rumput laut). Seaweed sangat kaya akan mineral, antara lain magnesium, potasium, zat besi, dan seng yang mamapu meluruhkana toksin dengan sangat baik. Selain itu seaweed ini juga berguna sebagai antibiotik.

Di pasaran, masker dari seaweed sangat beragam. Untuk praktisnya, pilihlan seaweed yang telah dikeringkan berbentuk lembaran hitam. Bila akan digunakan, celupkan lembaran yang telah dipotong-potong ke dalam air, lalu tempelkan pada wajah. Masker ini sangat seuai untuk kulit berminyak karena kandung mineralnya bisa mengurangi lemak dan minyak yang berlebihan. Masker ini juga untuk menipiskan noda-noda hitam bekas jerawat pada wajah.

  • ImageDeep-cleansing dengan menggunakan marine algae berguna untuk mengembalikan kelembapan pada kulit dan membuat kulit kusam menjadi ceraah. Untuk wajah lakukan seminggu sekali. Produk yang menganadung kolagen mariane algae bisa membuat wajah lebih lembut dan kerutan pun berkurang.

Untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dan mengurangi bekas jerawat atau lemak dalam kulit yang sulit dikeluarkan, bisa digunakan cempuran akstrak alga dan peppermint. Agar hasilnya optimal, gunakan juga pembersih dan toner wajah yang mengandung alga.

Garam Laut

Garam laut (sea salt) merupakan pembersih alami yang mengandung antibakteri dan berguna mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan utama garam laut adalah mineral bikarbonat, sulfat, nitrat, klorida, dan kalsium. Mandi dengan air yang diberi garam laut dapat melemaskan otot-otot yang lelah. Karena itu, mandi dengan cara ini sangat baik dilakukan setelah Anda berolahraga atau beraktivitas agak berat.

  • Anda bisa mencoba mandi dengan garam laut yang dicampur dengan air hangat (air panas malah membuat tubuh bertambah lelah). Berendamlah selama 10-30 menit sambil memijit tubuh dengan lembut. Sehabis mandi, basuhlah tubuh dengan air dingin. Cara ini dipercaya dapat menigkatkan energi. Anda juga dapat membuat sendiri ramuan scrub, yaitu dengan mencampurkan garam laut dengan madu sampai berbentuk pasta. Gosokkan pada tubuh sampai kering, lalu bersihkan dengan menggunakan air pancuran (shower).
  • Untuk menyegarkan kaki yang lelah, bisa dicoba ramuan sebagai berikut : campurkan secara merata 1/4 cangkir epsom salt (Epsom salt adalah garam yang diambil dari mata air mineral di Epsom, Inggris, warnanya putih seperti kristal, efektif sebagai anti-peradangan. Tersedia di apotek atau toko bahan makanan), 1/4 cangkir garam laut, 4 tetes mentol, dan 4 tetes minyak esensial peppermint. Rendamlah kaki dalam air hangat dan ramuan tersebut. Berendam dalam garam ini juga berguna untuk melembutkan kulit

Catatan : Anda bisa mengganti mentol dengan minyak kayu putih (ekaliptus) dan peppermint dengan rosemary. Pada saat cuaca panas, rendam kaki dalam air dingin agar terasa lebih segar.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: